Tuesday, September 16, 2008

bisnis berbasis kreativitas


istilah ekonomi kreatif, industri kreatif atau bisnis kreatif tengah jadi pembicaraan hangat. potensi pasarnya besar dan modal yang diinvestasikan pun tidak besar. namun menuntut kreativitas, keahlian, dan bakal individual.


dari tahun ke tahun, bisnis kreativitas, tumbuh signifikan. Berdasarkan data Departemen Perdagangan RI, kontribusi ekonomi dari industriindustri kreatif di Indonesia adalah 6,3% dari GDP (Gross Domestic Product) nasional. inilah beberapa bisnis kreatif yang mungkin bisa jadi ladang baru kita.


EVENT ORGANIZER

EO adalah bisnis yang menawarkan jasa penyelenggara suatu kegiatan. seiring booming-nya acaraacara pameran, bermunculan perusahaan yang menawarkan jasa penyelenggaraan event. segala sesuatu yang berbau peristiwa menjadi lahan basah bagi yang jeli melihat peluang ini. untuk memulai bisnis ini kita perlu beberapa bekal, yaitu pengalaman meyelenggarakan event, ide kreatif dan inovatif, relasi bisnis yang cukup kuat, tim yang solid dan modal yang cukup. jika Anda pernah mengelola event semasa di bangku sekolah, disadari atau tidak Anda telah memiliki bekal itu.


modal sebagai EO paling kecil adalah kartu nama dan brosur tentang acara yang bisa ditangani. sebagai tahap awal, ajaklah beberapa teman yang memiliki kreativitas tinggi dan mendiskusikan untuk membuat suatu acara semisal bazar. buatlah proposal yang di dalamnya bertujuan menjual stan dan menarik sponsor. sekarang ini banyak orang yang tertarik mangikuti bazar, jadi ngga perlu kuatir kekurangan peserta. setelah itu baru mengurus ijin dan jasa keamanan dan merekrut kru yang bereputasi baik. rekrut mereka sebagai part timer, jadi ada acara baru dibayar.



DISTRO & CLOTHING

Anda tentunya sudah familiar dengan namanama besar distro di tanah air, seperti Dagadu Jogya dan Joger di Bali. beberapa tahun belakangan bisnis macam itu semakin marak di berbagai kita di Indonesia. Bahkan telah menciptakan berbagai jenis komunitas baru dari para konsumennya. tak kurang dari 1500-an distro kini muncul dan berkembang dengan segmen pasar tersendiri.


Anda pun bisa mengikuti jejal mereka. untuk memulai bisnis ini kreativitas sangat diutamakan. Anda bisa memproduksi sendiri barangbarang tersebut atau mencari produsen yang menitipkan produknya di distro Anda. untuk mencari barang, Anda bisa berburu produsen distro Bandung, karena disinilah gudangnya. jika Anda tidak mempunyai modal untuk membuka outlet, Anda tetap bisa membuka bisnis ini. karena dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi saat ini Anda bisa memasarkan bisnis ini kemana saja tanpa modal yang terlalu besar. caranya buatlah bisnis produk Anda secara online.



CRAFT

bisnis ini bisa dimulai dari hobi kita. sekarang ini usaha kerajinan tangan sangat diminati karena menggiurkan. pasar bisnis ini sangat besar, dari mulai untuk kebutuhan pribadi, perusahaan hingga digunakan sebagai suvenir acara dan pernikahan. modalnya juga tidak terlalu besar. karena yang dicari konsumen adalah produk tersebut unik dan berbeda.


untuk bisa memulai bisnis ini, Anda perlu tentukan kerajinan tangan seperti apa yang ingin ditekuni. selanjutnya Anda bisa mengikuti kursus singkat untuk mengetahui proses pembuatannya. jika Anda telah mengetahui cara pembuatannya, berikutnya Anda hanya tinggal mengembangkan saja, baik dari variasi, bentuk dan warna. kalau tidak mau repot, Anda hanya perlu kreativitas dalam mendesain produk. kemudian desain tersebut Anda bawa kepada pengrajin dan biarkan mereka bekerja sesuai dengan keinginan Anda. produk yang telah jadi, Anda bisa pasarkan lewat bazar atau pameran yang sering digelar di kota Anda. lebih mudah bukan?



DESAINER FASHION

lahan fashion di tanah air sangat hijau. ini terlihat dari meningkatnya jumlah siswa di beberapa sekolah mode di Jakarta. peminat sekolahsekolah mode di Jakarta, menurut sebuah sumber meningkat 23,6% pada 2007-2008. bisnis fashion tidak pernah mati. kebutuhan orang akan penampilan oke semakin tinggi. menjadi menarik karena main banyak konsumen yang membutuhkan pakaianpakaian bukan produksi massal. eksklusivitas yang mereka cari.


pemasaran untuk karyakarya Anda juga tak terbatas pada klien pribadi juga bisa meluas ke korporasi. sekarang ini banyak perusahaan yang menggenjot pencitraan perusahaan lewat seragam karyawannya. Pencitraan yang ingin dibangun dan ditampilkan lewat seragam ini tak pelak membuat konsep dan pengerjaannya dipercayakan begitu saja kepada tukang jahit, melainkan desainer. Anda bisa merebut peluang di lahan ini. modal bisnis fashion seperti ini tidak terlalu besar. karena modal utamanya dala kreativitas.


ADVERTISING

kian maraknya upaya beriklan atau memasang papan merek pada berbagai usaha yang digeluti, membuat bisnis advertising sangat menjanjikan. apalagi saat ini pertumbuhan bisnisbisnis baru kian marak dan butuh mengomunikasikan produknya ke target konsumen.


dunia advertising erat kaitannya dengan kreativitas. beragam produk yang berbasis advertising diantaranya logo, flyer dan poster. modal membangun bisinis ini adalah ketrampilan desain dan networking. jika Anda tertarik megngeluti bisnis ini, akan lebih baik jika Anda sebelumnya telah lebih dulu bekerja di satu perusahaan besar. jadi Anda bisa mempelajari gaya bermain di perusahaan advertising itu seperti apa, cara me-maintain klien dan sistem kerjanya bagaimana. sehingga kendalakendala teknis tidak sampai mengganggu proses kreatif.



ARSITEKTUR

bisnis di dunia arsitektur menjadi lahan empuk. kebutuhan akan jasa arsitek dan desain interior tak hanya untuk bangunan pribadi dan hotel, melainkan sudah merambah ke area yang lebih luas, sesuai dengan tren bisnis saat ini yaitu mengarah ke kafe, resto dan entertainment. maka kebutuhan akan ideide yang segar dari arsitek dan desain interior sangat tinggi.

besarnya peluang bisnis ini membuat para arsitek muda sukses melaju di bisnis desain dan rancang bangun lewat biro desain dan arsitek mereka sendiri. bahkan diantara mereka berhasil menggarap proyekproyek besar di luar negeri.



PENERBITAN INDIE

penerbitan indie memberikan Anda kesempatan untuk memegang semua kendali atas proses penerbitan hasil karya Anda atau orang lain, dari awal proses penulisan sampai dengan pendistribusian. dari segi materi, Anda akan mendapat laba penjualan novel/buku yang jumlahnya pasti lebih besar daripada royalti yang didapat jika menerbitkannya melalui penerbit lain.



BANDUNG KOTA KREATIF

Bandung sebagai kota kreatif tak hanya diakui sebagai skala nasional. dunia internasional pun mengakui kota ini sebagai kota yang kreatif. British Council menunjuk kota ini sebagai salah satu kota kreatif di wilayah Asia Pasifik. pada akhir Juli 2007, pada pertemuan internasional kota berbasis ekonomi kreatif yang dilaksanakan di Yokohama, Jepang, Bandung juga terpilih sebagai pilot project kota kreatif se-Asia Timur.


sumber : CHIC Sept 2008


No comments: