Monday, September 15, 2008

Cara gampang jadi bos

Jika Anda sudah bosan dengan rutinitas ngantor setiap hari dan ingin menjadi bos bagi diri sendiri, sudah saatnya Anda berubah haluan dan memilih pekerjaan di bawah ini.


Web designer

Pada era teknologi canggih seperti sekarang , sarana komunikasi tidak berhenti pada media cetak dan elektornik semata. Kini, sudah banyak perusahaan yang ’naik tayang’ ke dunia maya untuk memperkenalkan dan mempromosikan dirinya pada klien dan masyarakat luas, suatu perusahaan bahkan terkesan ketinggalan zaman bila tidak punya alamat website pribadi. Jika Anda memiliki pengetahuan tentang seluk beluk internet dan punya kemampuan mendesain, manfaatkan celah ini untuk berprofesi sebagai seorang web designer dari rumah.


Desainer interior

ketika mencari seorang desainer interior, klien seringkali tak ambi pusing dengan dimana desainer tersebut berkantor. sebab, mayoritas proses perancangan justru dihabiskan di tempat yang akan didekorasi, bukan? selama portfolio dan reputasi meyakinkan, bisa dipastikan klien akan antre untuk mendapatkan jasa layanan Anda. lagipula, pekerjaan yang membutuhkan kreativitas tinggi seringkali terkait dengan mood dan suasana kerja. dimana lagi tempat kerja paling nyaman selain di rumah sendiri? atau di cafe? Atau di... silahkan sebut namanama tempat nyaman lainnya.


Konsultan

mendalami keahlian di suatu bidang adalah bekal terpenting untuk menjadi bos. misal, jika Anda fasih di bidang keuanganm maka peluang untuk menjadi konsultan financial pun terbuka lebar. profesi sebagai konsultan memungkinkan Anda ngantor dimana saja dan bebas menentukan jadwal kerja sendiri.


Penulis lepas

profesi penulis bukan hanya identik dengan menulis buku. Anda masih punya pilihan untuk menjadi seorang kolumnis, penulis artikel, editor, penerjemah, copywriter, pembuat skenario, serta content provider bagi situs perusahaan. keuntungan menjadi seorang penulis lepas dibanding penulis yang bekerja tetap adalah Anda bisa memilih sendiri jenis tulisan yang Anda sukai.


Terapis

jika memiliki ilmu dan latar belakang di bidang kesehatan, Anda bisa mulai bekerja sebagai seorang terapis dari rumah. jasa tenaga kesehatan, baik kesehatan fisik maupun jiwa, amat dibutuhkan di zaman serba sibuk ini. terapis untuk pemijatan (massage) dan teknik penyembuhan alami lainnya saat ini sudah banyak dicari. begitupun dengan jasa psikolog psikiater serta penasihat perkawinan.


Personal trainer

belakangan ini, kesadaran akan penampilan membuat orang berlombalomba membentuk tubuh seideal mungkin. karenanya kebutuhan akan jasa seorang personal trainer meningkat. perhatikan saja, di pusatpusat kebugaran, sudah banyak orang yang berlatih dengan diampingi seorang mentor. selain memahami cara memberntuk tubuh lewat latihan fisik, dalami pula ilmu gizi supaya klien Anda tidak hanya berotot namun juga sehat.


Salesperson

saat ini sudah cukup banyak perusahaan yang menawarkan sistem kerja home-based (berbasis di rumah) kepada karyawannya yang berprofesi sebagai salesperson. pasalnya, sebagai seorang tenaga penjualan, mayoritas pekerjaan Anda dilakukan diluar kantor. atau, mulailah bisnis dengan memproduksi dan menjualnya sendiri.


Alat tempur wajib punya

  1. kartu nama

yaitu kartu nama pribadi. dengan begitu kita tidak hanya dikenal sebagai si X dari perusahaan Y melainkan sebagai individu yang memiliki keahlian tertentu.

  1. portfolio

dokumentasi hasil kerja amat penting untuk merebut kepercayaan klien. terlebih bagai pekerjaan yang melibatkan seni. selain menilai kualitas kerja, klien juga biasanya ingin tahu siapa saja yang pernah memanfaatkan jasa kita.

  1. telepon

supaya mudah dijangkau dan dapat lekas menanggapi kala diajak berkomunikasi. tapi jangan juga sampai ga punya privasi lho. beritahu klien jam available kita.

  1. koneksi internet 24jam

kita mesti menyiapkan alamat e-mail yang selalu aktif untuk menjawab pertanyaan dan komentar dari klien. selain sebagai media komunikasi, koneksi internet juga amat berguna untuk mencari informasi.

  1. referensi

biar selalu update, lengkapi diri dengan buku dan majalah. jangan lupa bergaul dengan rekan seprofesi untuk mendapatkan perkembangan terkini.

  1. motivasi

yang penting untuk dimiliki tenaga lepas adalah kemampuan untuk memotivasi diri sendiri. dengan motivasi yang kuat, kita akan mampu bersikap disiplin dalam bekerja, tanpa perlu supervisi.


sumber : CHIC Sept 08

2 comments:

Anonymous said...

info yang sangat bermanfaat
kebetulan saya juga sedang merintis bisnis sendiri
nice Blog!
http://salman-arsitek.blogspot.com/

e n n yt u r n i p said...

makasih apresiasinya ...sukses selalu untuk usahanya!