Tuesday, September 09, 2008

warna

kekuatan warna selalu menjadi faktor penting dalam bisnis dan industri, terlebih dalam industri fasion. peran warna dalam 1001 bisnis dan industri sekarang ini sudah tak mungkin diabaikan lagi. warna terbukti merupakan faktor penentu bagi konsumen saat berbelanja.

reaksi orang terhadap warna lebih rumit dari apa yang terlihat, karena warna memengaruhi tingkat bawah sadar manusia. reaksi awal kita terhadap warna cenderung psikis, bukan sekedar faktor estetika semata. karenanya, warna bisa dimanfaatkan lebih efektif, bila kita memahami reaksi dan dampak warna pada manusia baik secara fisik maupun psikis.

di luar warnawarni yang terus berganti setiap orang memiliki persepsi yang berbeda tentang warna. ada warna favorit, ada warna yang tidak disukai. pilihan warna banyak dipengaruhi faktor demografis: usia, gender, ras/etnis serta tingkat sosio-ekonomis. seiring dengan berjalannya waktu reaksi terhadap warna bisa berubah karena pembelajaran, pengalaman atau meningkatnya usia dan strata sosio-ekonomi pun bisa mengubah reaksi seseorang terhadap warna.

faktor luar ikut berperan sebagai mode, pendapat orang lain, serta iklim. di wilayah beriklim panas orangorang cenderung menyukai warnawarna hangat dan kuat, di iklim dingin warnawarna sejuk dan lembut.

hal lain, reaksi terhadap warna tertentu bisa berbeda, tergantung dimana dan bagaimana warna itu digunakan. suatu warna yang diapai untuk busana akan berdampak lain bila warna tadi dipakai dalam interior.

dimana letak kekuatan warna?

MERAH
warna kuat dan agresif, membuat napas dan jantung berdetak cepat. menydot perhatian, merah tepat digunakan saat harus tampil high profile. dalam interior, merah membuat orang betah sekaligus meningkatkan selera makan, karenanya banyak dipakai di resto, lounge atau bar.

BIRU
sebaliknya, menurunkan selera maka
n, tetapi membuat otak mengeluarkan hormonmenenangkan, karenanya efektif untuk rumah sakit dan kamar mandi. busana biru tua menciptakan wibawa, wewenang dan kredibilitas, banyak dipilih sebagai busana bisnis, sedangkan biru terang kesannya lebih santai.

KUNING
merupakan warna paling mencolok hingga sering dipakai untuk 'tanda bahaya'. sebagai warna riang, kuning meningkatkan metabolisme dan merangsang optimisme.busana berwarna kuning berkesan ceria dan kasual, dalam interior memberi kesan hidup, hangat dan ramah asalkan tidak terlalu mencolok dan berlebihan.

HIJAU
warna alam, menenangkan fidik dan mental. reaksi orang terhadap hijau tergantung nadanya. hijau tua berkesan maskulin dan berkelas, hijau pucat membuat orang rileks, banyak digunakan di rumah sakit sebagai warna dinding maupun seragam perawat.

UNGU
warna eksotis, sering dianggap warna spiritual. banyak pilihan orang kreatif karena merangsang kreativitas, inovatif, unik, lain dari yang lain. salah satu warna trend 2008, hadir dalam berbagai nuansa: ungu lembut hingga mencolok, ungu hangat kemerahan hingga yang sejuk kebiruan.


ORANYE
sebelumnya banyak digunakan untuk produkproduk 'murah'. setelah Pantone mengangkatnya sebagai 'color of the year 2004', kedudukan sebagai warna gaya d
an modis berlanjut hingga sekarang. menarik perhatian dan ramah, membuat produk mahal berkesan terjangkau. dalam busana lebih banyak dipakai untuk
baju santai.

COKELAT
warna yang ada di manamana, dari warna tanah, makanan&minuman, piring mangkuk, perabotan hingga pakaian. termasuk warna rileks dan ramah. mengenakan busana coklat membuat lawan bicara lebih terbuka. nada coklat muda (beige) pada interior menciptakan kesan elegan dan nyaman.

PUTIH
menjernihkan pikiran, menimbulkan respon positif. melambangkan kesucian/kemurnian (baju pengantin) serta kebersihan/klinis. putih banyak dipakai tenaga medis. untuk interior, putih hangat (off-white, krem) menciptakan suasana lebih ramah ketimbang putih sejuk keabuabuan yang kesannya lebih modern
tapi dingin.

ABUABU
warna intelek, netral dan klasik. dalam busana, abuabu dianggap formal, konservatif dan berwibawa, dalam interior berkesan bersih dan minimalis. lingkungan kerja abuabu terbukti bisa membuat orangorang bekerja lebih kreatif untuk waktu lama.


HITAM
memiliki 1001 sisi. bisa diasosiasikan dengan dukacita, misteri dan ilmu hitam, bisa juga sebagai warna klasik,
formal, lambang kekuasaan dan wewenang. dalam mode, hitam warna elegan dan seksi. dalam inerior, hitam memberi sentuhan dramatis dan modern.


sumber : fashionPro, Sep 2008

No comments: