Tuesday, August 26, 2008

merajut di bis

tadi pagi di bis ...

beruntung sekali aku dapat tempat duduk tepat di sebelah seorang ibu... habis dia rajin banget sih.. di sepanjang jalan tadi si ibu berkarya loh...jadi sambil duduk di bis, si ibu merajut, bikin sal buat anaknya.
dia sudah menyiapkan gulungan kecil benang untuk diolah sepanjang jalan, jadi ga ribet dengan bawaan yang banyak.

eman baru kali ini aku ketemu orang yang isi waktu di jalannya merajut, yang lainnya biasanya baca. hm... menarik..

lumayan katanya, soalnya rute depok-sudirman bisa sampai 2 jam baru nyampe. sal yang lagi dibikin si ibu itu warnanya coklat tua, dari benang biasa aja, soalnya kata si ibu ada lagi loh benang yang lebih bagus, trus panjang sal ini nantinya 150cm, yang udah kelar 110cm. lebarnya 17cm.

sal ini kata si ibu karyanya yang ke-2, yang pertama juga bikin sal, juga buat anaknya. dan si ibu bilang, ini juga dia masih baru belajar, baru sebulanan. aku tanya belajar darimana, katanya "dari buku, buku luar" .. waktu aku bilang wah ibu jago bahasa Inggrisnya ya...katanya, "lihat tekniknya aja" ..hehhee ibu yang pintar.
sama sepertiku, juga punya buku beads, buku Jepang. Ngga ngerti bahasanya, cuma ikutin langkahlangkahnya ajah :)

dari si ibu, aku jadi tahu kalo sekarang udah susah dapetin benang untuk rajut ataupun kristik gituh. sekarang adanya di tempattempat tertentu, salah satunya, di mal Blok M Plaza, wah..namanya lupa lagih ..kalau dulu kan di pasarpasar juga banyak.

sebelum bercerita kalau sal yang dibuat adalah untuk anaknya, aku memang bertanya, "untuk dijual atau pake sendiri bu?"

katanya kalo sekarang ngejual ga sebanding, bingung kasih harganya, soalnya yang bikinan mesin udah bagusbagus dan murahmurah, di bawah 10ribu. jadi sayang kalo yang bikinan sendiri. tapi aku bilang, "ada loh bu, yang tetep senengnya yang handmade" :)

yang pasti aku seneng ketemu si ibu ini, jadi terpacu, sebagai anak muda, jadi tertantang untuk mencontoh kerajinan si ibu. ibu itu udah tua loh...umurnya sekitar 65-70 tahun.

ayo rajin!! ;)

No comments: